Rabu, 19 November 2014

BBM Naik, Masalahkah?




Seperti Judul artikel kali ini "BBM Naik, Masalahkah?" Kali ini saya akan membahas soal kenaikan BBM yang sangat ramai di perbincangkan. Sebelum membahas lebih dalam, mari kita cari tahu dulu kenapa BBM harus di naikkan.

Seperti kita ketahui bersama, kalau harga minyak dunia sedang mengalami penurunan, tetapi kenapa BBM di Indonesia justru mengalami kenaikan harga? setelah saya cek n richeck ternyata Jokowi JK memiliki strategi lain. Kenaikan BBM disengaja dengan alasan untuk mengalihkan subsidi BBM ke sektor produktif diantaranya untuk kesehatan, infrastruktur, pendidikan, pembangunan pembangkit listrik, dan sebagainya.

Sekarang kita sudah mengetahui alasan dibalik kenaikan harga BBM di Indonesia, selanjutnya kita cari tahu efek positif dan negatif akibat kenaikan BBM.

Efek Positif Kenaikan BBM
  • Kenaikan BBM sebesar Rp.2000 berhasil menghemat anggaran negara sebesar Rp.20-+ Triliun (untuk tahun 2014) (kalau gak salah yah :P)
  • Mengurangi tingkat penyelundupan BBM.
  • Infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan dan lainnya akan lebih baik, mengingat dilakukannya pengalihan anggaran subsidi BBM ke bidang tersebut.
  • Dan alasan lainnya yang tidak dapat saya sebutkan semuanya.
Efek Negatif Kenaikan BBM
  • Harga BBM yang sebelumnya murah, sekarang lebih mahal Rp.2000 (yang ini sudah pasti xD)
  • Demo Demo dan Demo ( yang lebih parah kalau demonya sampai Anarkis )
  • Banyak fasilitas umum yang rusak akibat demo yang anarkis
  • Setelah BBM mengalami kenaikan harga, sebagian orang harus membatasi pemakaian kendaraan bermesin (mobil,motor) (*eh kalau yang ini mungkin termasuk efek positif kali ya hehe :D)
  • Harga sembako seperti minyak goreng, cabai, bawang, dan lainnya juga mengalami kenaikan.
  • dan lainnya..
Nah, setelah mengetahui beberapa efek Positif dan efek Negatif akibat kenaikan BBM apa tanggapan kamu??

Sekarang mari kita bahas ulah mahasiswa yang berdemo karena kenaikan harga BBM. Pertanyaannya adalah "Aksi Demo Mahasiswa Solusi atau Masalah?"


Aksi Demonstrasi yang dilakukan mahasiswa yang berujung anarkis, bahkan dibeberapa tempat mahasiswa yang melakukan aksi demo sempat bentrok dengan warga sekitar, melakukan pengrusakan fasilitas umum, saling lempar batu sampai memakan korban. Apakah ini yang dinamakan mahasiswa? orang-orang yang akan mendapatkan gelar sarjana, yang akan menjadi penerus bangsa orang-orang yang memiliki sifat seperti ini??

Sekarang saya mengerti kenapa di DPR suka ribut bahkan sering terjadi adu jotos dan pengrusakan fasilitas negara. Sebagai mahasiswa yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi seharusnya cara pemikiran harus lebih terbuka. BBM naik bukan berarti kiamat, kenaikan BBM juga memiliki dampak positif seperti yang telah kita bahas di atas.

Efek kenaikan BBM terhadap mahasiswa? mungkin tidak bisa sering menggunakan kendaraan bermotor (untuk gaya''an?) Jika tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli bahan bakar kenapa tidak mencoba menggunakan Sepeda?? kendaraan yang jauh lebih menyehatkan dan berdampak positif terhadap lingkungan.


Sebagai mahasiswa yang bisa lebih mengerti alasan dibalik naiknya harga BBM seharusnya membantu pemerintah dalam menjelaskannya kepada masyarakat yang belum mengerti efek positif akibat kenaikan BBM dan mencari solusi untuk masyarakat kurang mampu seperti nelayan, supir, buruh dan lainnya yang lebih merasakan dampak dari kenaikan BBM.

Menghancurkan fasilitas umum, Anarkis saling serang sehingga memakan korban bukanlah jalan keluar untuk masalah kenaikan BBM. Yang ada kalian membuat masalah baru dan kerugian yang melebihi kenaikan harga BBM. Jika kenaikan harga BBM senilai Rp.2000 coba pikirkan kerugian atas aksi anarkis yang dilakukan? Solusi atau Masalah? saya kira kalian bisa menjawabnya.

Dengan melakukan hal-hal anarkis yang merugikan, kita sebagai mahasiswa tidak akan pernah bisa membantu masyarakat kurang mampu, yang kalian lakukan hanyalah akan menambah pikiran pemerintah untuk menyisihkan anggaran lain atas pengrusakan yang kalian lakukan.

Mungkin gambar dibawah ini sekedar candaan, tapi jika dipikirkan dengan baik ternyata ada benarnya..


Setiap kebijakan Pemerintah pasti memiliki alasan, jadi kenaikan harga BBM tidak perlu di tanggapi dengan emosi apalagi sampai anarkis, karena kenaikan BBM tidak sepenuhnya berefek negatif. Ingin Indonesia menjadi negara yang lebih maju?? kita harus mulai merubah cara berpikir kita.
Unknown Web Developer

Post Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar